Profil Yulizar D. Sanrego

Setelah menamatkan pendidikannya dari KMI Pondok Modern Gontor (1993), ia tertarik mendalami Muamalat/Ekonomi (syariah) Islam di Universitas Djuanda, Bogor, hingga selesai S1 (tahun 1999). Gelar masternya diperoleh dari International Islamic University Malaysia (IIUM), di bidang Economics (tahun 2005).

Kembali ke tanah air, ia melanjutkan ke jenjang doktoral di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (2010) dengan konsentrasi yang sama: ekonomi Islam. Disertasinya dengan judul “The Effect of Social Capital on Loan Repayment Behavior: A Study on Group Lending Model (GLM) Application in Islamic Microfinance Institution” mendapat penghargaan sebagai the Best Research Paper pada acara The 2nd Sharia Banking Research Forum (FRPS) oleh Bank Indonesia (BI).

Dr. Yulizar Djamaluddin Sanrego

Sampai sekarang, Sanrego aktif sebagai associate researcher dan narasumber di bidang ekonomi dan keuangan Islam, baik di tingkat nasional dan internasional. Mendapatkan research grant dari KEMENAG-RI, tahun 2011 sempat ke London untuk melakukan riset tentang keuangan Islam. Tahun 2017-2019, Saudi Arabian Monetary Authority (SAMA), Riyadh Arab Saudi memintanya sebagai Islamic economic & finance Advisor. Sepulang dari Saudi, Sanrego melanjutkan kiprahnya di bidang pengembangan ekonomi dan keuangan Islam di berbagai lembaga keuangan di tanah air termasuk menjadi anggota Dewan Syariah Nasional (DSN-MUI).

Di dalam dunia akademik, ia tercatat sebagai dosen di Universitas Darussalam Gontor dan aktif memenuhi undangan sebagai dosen tamu di sejumlah kampus dan kerap mempresentasikan papernya di forum nasional maupun internasional.

Di sela kiprahnya sebagai professional di bidang ekonomi, keuangan Islam, termasuk fikih muamalah, Sanrego juga tetap aktif menulis buku mengenai ekonomi Islam termasuk karya terjemahan (The Theft of Nations: Returning to Gold). Dari tangannya sudah terbit buku Falsafah Ekonomi Islam: Ikhtiar membangun dan menjaga tradisi ilmiah paradigmatik dalam menggapai falah, Fikih Pemberdayaan (Tamkin), Social Capital & Group Lending Model (GLM): An Analysis in Islamic Microfinance Institution (termasuk yang ada di tangan Anda ini).

Sejumlah jurnal nasional dan internasional juga pernah menerbitkan paper ilmiahnya di bidang ekonomi dan keuangan Islam. Beberapa artikelnya juga kerap diterbitkan koran atau majalah nasional, antara lain: Republika, majalah Gontor, dan lain-lain.

Kini, bersama dengan sejumlah kolega yang membidangi pengembangan SDM berbasis nilai-nilai Islam dan ekonomi Islam, Sanrego mengembangkan Tamkien Institute – Learning Institute for Empowerment (TI-LIFE), sebagai Lembaga pemberdayaan yang berkonsentrasi pada kajian dan penerbitan ekonomi & keuangan Islam, layanan pelatihan dan pengembangan SDM serta pemberdayaan umat. senapatie@gmail.com; +6281380190710.